The Indonesian Optical Society

e-mail: InOS@IndonesianOptics.org

Position Papers of Nominees

Nominees for Vice President Elect

 

Position paper of Rahmat Hidayat, member number 2 2010 12 0006

 

Dengan usia HOI yang telah melebihi 5 tahun dan jumlah anggota yang terus meningkat, tentunya ada beberapa hal yang dapat dipikirkan dan dikembangkan lebih lanjut secara bersama-sama antara pengurus dan anggota, dimana kita dapat lebih berkontribusi dan mendapatkan manfaat bersama. Diantaranya adalah:

1. Agar dapat lebih memperkenalkan HOI dan anggotanya kepada masyarakat luas, selain bulletin HOI, misalnya melalui media online atau portal laman untuk memperkenalkan kegiatan riset dan kompetensi dari masing-masing anggota ataupun sharing informasi terkait konsep teori, pendekatan ataupun metode penelitian yang dapat dirujuk oleh anggota lainnya. Portal tersebut dapat terakses oleh google scholar sehingga dapat meningkatkan juga angka sitasi dari anggota yang berperan aktif. Terkait dengan ini pula, perlu diupayakan pembuatan jurnal nasional yang dikelola oleh HOI, yang mungkin sebagian didasari oleh beberapa alasan praktis tetapi kita tetap dapat memperhatikan mutu keilmiahannya. Secara kebiasaan, himpunan ilmiah yang berkembang baik biasanya memiliki minimal satu jurnal ilmiah yang dikelolanya.

2. Agar dapat lebih memperkenalkan bidang keilmuan optik –fotonik ke masyarakat ilmiah di tingkat nasional, seperti, selain ISMOA, melalui kerjasama dalam pelaksanaan seminar/konferensi atau pelatihan/workshop bersama institusi akademik/ilmiah atau himpunan ilmiah lainnya.

3. Agar dapat memperkuat kerjasama dengan himpunan optik-fotonik di luar negeri, khususnya untuk membuka kesempatan mengikuti pelatihan/workshop dan seminar dengan fasilitas atau keringanan khusus bagi anggota HOI.

Di mana saat ini banyak peneliti anggota HOI telah berhasil membangun link kerjasama penelitian dengan kolega di luar negeri, lembaga HOI mungkin dapat menjadi suatu media perantara untuk pembentukan link dengan industri lokal. Keberadaan HOI dan juga anggotanya mungkin akan mendapatkan apresiasi yang lebih besar jika dapat juga turut berkontribusi dalam membantu penerapan teknologi, bahan, intrumentasi berbasis optik-fotonik pada industri lokal.

 

Position paper of Fitrilawati, member number 2 2011 12 0013

 

Bidang optik dan fotonik memiliki aplikasi yang penting dan bermanfaat dalam berbagai bidang seperti industri, kesehatan, komunikasi, dan lain-lain. Saat ini riset di bidang optik dan fotonik berkembang demikian pesatnya. Himpunan Optik Indonesia (HOI) merupakan institusi yang menghimpun pekerja di bidang optika modern di Indonesia. Organisasi ini hendaknya mengkoordinir berbagai kegiatan komunikasi ilmiah dalam bidang optika modern. Selain itu, HOI hendaknya memegang peranan yang penting untuk memperkenalkan bidang optika dan fotonika kepada masyarakat luas di Indonesia, diantaranya kepada para pelajar dan mahasiswa.

Sebagai calon Wakil Ketua HOI, jika terpilih saya akan bekerja sama dengan pengurus HOI untuk memajukan HOI dan melaksanakan kewajiban wakil ketua sesuai dengan Anggaran Dasar HOI.

 

___________________________________________________________________________________

 

Nominees for Council Member Elect

 

Position Paper of A. A. Iskandar, member number 2 2010 12 0003

 

Menjadi Anggota Majelis Terpilih Himpunan Optika Indonesia adalah amanat dari para Anggota Himpunan untuk membawa Himpunan mencapai tujuannya dan mengembangkan Himpunan lebih lanjut.

Anggota Majelis (Terpilih) sama seperti Badan Pengurus Pusat adalah suatu kerja yang penuh tanggung jawab namun bersifat sosial.

Beberapa hal yang akan saya usung dalam masa jabatan Anggota Majelis Terpilih perioda 2017-2019 adalah sebagai berikut:

1. Internal Organisasi
a. Memperbaiki dan merapikan aturan organisasi yang ada melalui Addenum Anggaran Rumah Tangga ataupun Keputusan Majelis Himpunan.
b. Membantu BPP dalam meningkatkan jumlah Anggota Himpunan melalui ajakan informal kepada relasi-relasi saintifik yang dimiliki.
c. Membantu BPP meningkatkan keterlibatan Anggota Himpunan yang ada melalui ajakan informal kepada relasi-relasi saintifik yang ada serta mengajak Anggota Himpunan yang ada untuk terlibat aktif dalam kegiatan Himpunan, misalnya keterlibatan dalam Buletin Himpunan atau keterlibatan dalam kepanitiaan dalam Himpunan.

2. Eksternal Organisasi
Membantu BPP menjalin kerjasama organisasi dengan organisasi profesi (nasional dan internasional) yang setujuan untuk memperluas kegiatan HOI di domain masyarakat saintifik nasional dan internasional.

 

Position paper of Tjia May On, member number 2 2010 12 0001

 

Sesungguhnya, kini sudah saatnya bagi regenerasi HOI secara substansial, baik rencana dan pola kegiatannya, maupun kepengurusannya dan pelaksanaan fungsi Majelisnya. Mereka yang sudah lanjut usia, termasuk saya, tidak perlu dipertahankan sebagai pajangan dalam organisasi ini. Tentu ini tidak berarti bahwa saya akan melepaskan perhatian dan minat untuk mengawal kehadiran dan perkembangannya. Tetapi proses kaderisasi sangat perlu dipertimbangkan demi kelestarian dan kemajuan HOI.

Namun demikian, atas kepercayaan yang saya terima sebagai seorang calon Majelis yang terhormat ini, sudah tentu tidak layak saya tolak sebagai contoh presedensi yang tidak baik. Jika ternyata saya masih dipandang perlu untuk berfungsi dalam Majelis HOI, maka sebagai salah seorang pendiri HOI yang masih komitmen untuk tetap memajukan organisasi yang kita dukung bersama, sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar, saya akan berupaya membantu melaksanakan revaluasi hasil kegiatan HOI, terutama dalam beberapa aspek sebagai berikut :

* interaksi HOI dengan anggotanya

* pelayanan HOI kepada anggotanya

* realisasi diseminasi pengetahuan dan peran besar optika modern kepada kemajuan dan manfaat bagi negara dan masyarakat kepada para calon sarjana

* usaha penjaringan anggota baru

* penerbitan buletin HOI, dan profesionalisasi pengelolaan HOI.

Sekian, pemikiran yang ingin saya sampaikan dalam rangka pencalonan ini.

 

Position paper of Agoes Soehianie, member number 2 2010 12 0007

 

Inos/HOI dibentuk dengan harapan untuk memperkuat basis pengembangan sumber daya manusia dalam bidang Optika Modern di Indonesia. Sebagai organisasi profesi yang relatif baru dan berukuran kecil memang terasa masih banyak yang perlu dibenahi agar roda kegiatan organisasi berjalan lebih lancar dan mulus. Ukuran yang relatif masih kecil memberikan keuntungan tersendiri karena antar anggota dan antar pengurus mengenal dengan akrab. Hal tsb menjadi faktor yang mempermudah dalam kerja sama .

Dilandasi oleh semangat kebersamaan dan keyakinan bahwa organisasi ini dibentuk dengan prinsip dan fondasi yang baik dan benar serta agar agar tradisi yang telah berjalan baik tidak tersendat, maka kami bersedia untuk ikut mencoba berkontribusi dalam pemilihan kepengurusan InOS/HOI periode ini.

Dalam posisi sebagai Majelis HOI, kami berharap bisa berdiskusi dan bekerja sama untuk melahirkan ide-ide segar agar roda organisasi bisa berjalan baik melalui berbagai kegiatan yg bersifat rutin maupun insidental. Pada saat ini momen ISMOA menjadi milestone yang patut dipertahankan keberadaannya. ISMOA adalah sejarah yang penting, dimulai pada masa ketika event level Internasional masih barang langka di Indonesia. Setelah kesekian kalinya mampu menyelenggarakan ISMOA, tentunya kami berharap bahwa even ini tidak menjadi pudar akan tetapi menemukan kesegaran dan relevansi. Untuk itu perlu dipikirkan bersama kiat-kiat menjaga sustainability-nya maupun daya tariknya di masa depan.

Selain ISMOA, keberadaan buletin rutin perlu tetap dijaga. Mengisi suatu buletin menjadi tantangan tersendiri. Hendaknya dicari cara agar isi dari buletin relevan dan sesuatu yang bisa berbuah nyata. Salah satunya barangkali kemungkinan mengembangkan jaringan riset dan kerjasama riset bidang Optika Modern antar sesama Institusi di Indonesia maupun dengan luar negeri. Hal tsb akan dipermudah juga bilamana buletin juga menjadi sarana pengingat untuk diseminasi berbagai peluang bidang Optika Modern yang bisa digarap oleh insan-insan Optika Modern di Indonesia.

Akhir kata, semua hal di atas bukanlah upaya 1 atau 2 orang, akan tetapi upaya bersama seluruh pengurus dan anggota. Sehingga keberhasilan akan menjadi keberhasilan bersama.

 

Position paper of Agung Nugroho, member number 2 2012 12 0049

 

Selain menjalankan tugas pengawasan atas jalannya pelaksanaan program yang telah digariskan oleh kepengurusan sebagai anggota majelis saya juga akan aktif untuk mencarikan peluang-peluang kerja sama antar insititusi baik di dalam maupun di luar negeri. Perkembangan bidang optik sangat erat berkaitan dengan kemajuan dalam perkembangan bidang material. Untuk itu, sebagai bagian dari penyiapan generasi mendatang perlu kegiatan-kegiatan training yang dapat diselenggarakan di beberapa institusi. Sebagai himpunan profesi, INOS juga memiliki tanggung jawab pada society, dan dampak yang lebih luas dapat dirasakan apabila INOS dapat ikut membantu dalam bidang pendidikan terutama dalam pendidikan dasar dan menengah.

 

Position paper of Koo Hendrik Kurniawan, member number 2 2010 11 0005

 

Seiiring dengan kemajuan yang sangat pesat dalam riset dibidang optik, diperlukan sebuah wadah tempat para peneliti dapat berkomunikasi dan bertukar informasi riset tentang optik. Wadah tersebut telah dibentuk beberapa tahun yang lalu yaitu Himpunan Optika Indonesia (HOI). Dalam usianya yang relatif muda, sudah mampu menjaring anggota lebih dari 50 peneliti optik di Indonesia maupun dikawasan regional. Lembaga HOI ini harus lebih dikembangkan karena hingga kini lembaga ini belum mampu menjembatani riset optik diantara para anggotanya. Belum terlihat adanya keterbagiaan hasil riset maupun jenis riset yang dilakukan diantara para anggotanya. Juga belum ada pertemuan rutin diantara sesama anggota dimana hasil riset para anggota dapat dipaparkan bersama. Saya berharap dimasa yang akan datang, HOI dapat menjadi rujukan riset optik apa saja yang telah dilakukan oleh para anggotanya sehingga komunitas ini akan diakui keberadaannya baik nasional, regional maupun dunia.